//meta SEO udi Info dan Berita Prosesor TrueNorth mirip otak manusia | info dan berita

Prosesor TrueNorth mirip otak manusia

 processor - http://infber.blogspot.com/
seperti yang sobat infber tahu, processor itu memang otak dari komputer, tetapi bagaimana jika processor itu memiliki kemampuan seperti otak manusia? tentu sangat hebat, seperti yang diungkapkan IBM bahwa sebuah chip baru bernama TrueNorth yang memiliki kemampuan dahsyat karena memiliki kemampuan kalkulasi super yang melebihi superkomputer saat ini dan sangat hemat daya.

Prosesor TrueNorth ini dikembangkan olah para peneliti IBM dengan meniru cara kerja otak mengenali pola, yang menggunakan jaringan transistor saling terkoneksi mirip dengan jaringan saraf otak manusia dan merupakan hasil pengembangan dari chip yang lebih sederhana dari IBM yang diungkap pada tahun 2011 lalu.

Neuron elektronik chip ini mampu mengirimkan sinyal satu sama lain sebuah tipe data dan dapat bekerja secara paralel mengorganisasi data menjadi pola untuk mengenali , misalnya apakah cahaya menjadi lebih terang atau gelap, atau perubahan warna. Dan pada ujicoba, TrueNorth dapat mengenali benda seperti orang, sepeda, mobil, bis, truk dengan akurasi sampai 80 persen.
Chip ini memiliki jaringan transistor sejumlah 5.4 miliar serta 4096 core tapi hebatnya hanya memerlukan daya 70 miliwatt di mana kalau dibandingkan dengan prosesor Intel modern saat ini memiliki sekitar 1.4 miliar transistor namun memerlukan daya jauh lebih besar yaitu sekitar 35 sampai 140 watt.

Bahkan kemampuan komputasinya bisa dikatakan lebih dahsyat lagi karena mampu melakukan kalkulasi 46 miliar operasi per detik per watt daya yang dikonsumsi. Dan apabila dibandingkan dengan “otak” maka prosesor ini  memiliki 1 juta neuron serta 256  juta koneksi di antaranya yang kurang lebih sebanding dengan otak sebuah lalat.

Riset chip dari IBM ini adalah bagian dari proyek SyNAPSE (Systems of Neuromorphic Adaptive Plastic Scalable Electronics), suatu inisiatif dari DARPA, untuk menghasilkan hardware yang tidak berpacu pada paradigma von Neumann yang digunakan secara luas saat ini pada prosesor/chip yang ada, yang memisahkan memori utama dengan CPU sehingga dibutuhkan transfer data secara konstan.
Tapi sebenarnya TrueNorth belumlah sempurna menirukan cara kerja otak karena masih ada konsep VonNeumann yang ada di dalamnya, jadi secara implementasi dalam kemampuan “pembelajaran” di dalam chip masih menggunakan konsep lama, sehingga bisa dikatakan prosesor ini masih perlu dikembangkan lebih jauh karena otak mampu “belajar” tanpa adanya “CPU” terpisah.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar