//meta SEO udi Info dan Berita Robot Origami Cikal Bakal Transformer | info dan berita

Robot Origami Cikal Bakal Transformer

 

Sobat infber, kita tahu film transformer sangat populer, dengan efek suara dan efek berubah dari kendaraan menjadi robot membuat film action tersebut terlihat hebat dan banyak di sukai terutama di kalangan remaja dan anak anak, memang jika kita berfikir saat ini, film tersebut tidak masuk akal, tetapi jangan pernah berpikir kalau Transformer tidak mungkin terwujud di masa depan karena banyak film fiksi yang menjadi non fiksi berkat kecanggihan teknologi.

Nah kali ini ada robot kecil yang mampu menampilkan kemampuan berubah diri dengan konsep lipatan karena terinspirasi dari ORIGAMI (seni melipat kertas Jepang) dan proses biologi.

Walau robot yang Anda lihat ini bukan seperti robot keren seperti Transformer tapi robot origami hasil ciptaan periset dari MIT dan Harvard ini mampu merubah bentuk dari robot yang “datar” seperti kertas menjadi bentuk aslinya dengan empat kaki yang bisa berjalan.

Desain robot ini juga terpinspirasi dari proses biologi seperti bagaimana amino acid membentuk protein dari struktur datar menjadi coil tiga dimensi.

Robot ini memulai berubah bentuk saat panas diaplikasikan pada “ Shrinky dinks” (nama material yang digunakan) sebagai bagian dari materi kertas komposit yang digunakan pada tubuh robot ini.
Dalam lapisan tersebut terdapat berbagai elemen yang mengandung panas sehingga memungkinkan para robot untuk bangun sendiri.

Tim Harvard mengatakan karya yang terinspirasi origami ini memungkinkan orang untuk membuat objek yang kompleks dan perangkat-perangkat menjadi jauh lebih murah dan mudah.

"Saya yakin orang pernah melihat dalam contoh origami -Anda dapat menggunakan lipatan untuk menciptakan struktur fantastis yang kompleks," kata profesor Harvard Robert Wood, pemimpin penelitian.

"Namun begitu kompleksitas ini melebihi ambang batas, melipatnya dengan tangan menjadi melelahkan."

Oleh karena itu, Robert dan timnya, termasuk para peneliti di Massachusetts Institute of Technology, ingin menunjukkan kekuatan melipat dengan merancang sebuah mesin kompleks yang bisa melipat sendiri.

Para robot terbuat datri lapisan material datar dan kaku dan dari polimer panas yang dapat menyusut.
Memang tampilan robot ini sangat sederhana dan tidak menarik karena memang robot ini menggunakan bahan yang sangat murah dan mereka ingin menghasilkan prototipe pertama untuk konsep transformasi robot yang mereka pikirkan dalam waktu yang singkat.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar